Pages

Kamis, 24 Maret 2011

Tempat Harta

Suatu saat sahabat Nabi, Abdurrahman bin Auf diberi tau oleh Aisyah bahwa Nabi pernah bersabda , “Abdurrahman bin Auf akan masuk surga dengan merangkak karena hartanya. Ia lansung menyubang 1500 ekor kudanya dengan maksut yang sama.

Waktu Menjelang meninggal dunia , Abdurrahman bin Auf pernah menyerahkan uang sebanyak 40.000 dinar yang kalau dirupiahkan setara dengan Rp. 17 milyar ( satu dinar sama dengan 4,25 gram emeas x 100.000 x 40.000 ) untuk dibagikan kepada veteran perang badar yang berjumlah 100 orang. Berarti kalau dihitung setiap orang akan mendapatkan Rp. 170.000.000 dan masih banyak lagi sumbangan yang telah diserahkan Abdurrahman bin Auf untuk kepentingan fii sabilillah. Seorang sahabat bernama Abdullah bin 'Amr membeli rumah sahabatnya Kholid Bin Uqbah seharga 90.000 dinar ( Rp. 38.250.000.000 ) setelah dibayar lunas pada malamnya dia mendengar dirumah itu ada suatu tangis orang kena musibah . Abdullah bertanya ,,??ada apa gerangan yang terjadi pada kluarga kholid???

Disampaikan kepada anak – anaknya sedih karena rumah dan tempat yang sangat disenangi anak – anaknya dijual. Abdullah lalu memanggil anak - anak sahabat itu dan di katakan , “ Ambillah rumah itu kembali,Nak, sekalian dengan uangnya.”

Masya Allah! Itulah yang dilakukan para sahabat yang sukses mencari nafkah tetapi juga berhasil menempatkan kekayaan yang dimilikinya hanya sampai kepada telapak tangannya. Tidak sampai kedalam hati sehingga sangat mudah dikeluarkan apabila sewaktu – waktu diperlukan dan tidak sedikit pun mempengaruhi jiwanya. Ini sekaligus membuktikan bahwa mereka memang giat mencari rizki ,tapi setelah mendapatkannya mereka sadar bahwa apa yang dikaruniaka Tuhan itu barulah ada gunanya bila dibelanjakan dijalan Allah Swt. Keyakinan yang demikian ini hanya dapat diperoleh lewat pendekatan diri kepa Allah Swt. Orang – orang yang demikian inilah yang dikatakan bahwa , “ mereka telah menikmati kekayaannya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar